April 15

Database Microsoft Access

 

Bagi user yang membutuhkan database untuk keperluan pekerjaan atau kepentingan pribadi, dapat menggunakan Microsoft Access sebagai pilihan. Microsoft Access adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi.

Fungsi Microsoft Access

  • untuk membuat database (basis data)
  • untuk membuat program aplikasi persediaan barang
  • untuk membuat program aplikasi gaji pegawai
  • untuk membuat program aplikasi kehadiran

 

Adapun detail cara membuat database dan tabel baru pada Ms Access bisa di simak penjelasan di bawah ini :

  • Buka Ms Access sobat Start -> All Programs -> Microsoft Office -> Microsoft Access. Maka akan muncul menu Blank Database sobat ganti nama databasenya pada form File Name, klik tombol browse jika mau menyimpannya /merubah tempat penyimpanan di drive lain “biasanya untuk penyimpanan default di C:\Users\nama id computer\Documents\” dan klik tombol Create
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul tabel baru kosong, disini sobat bisa langsung menambahkan tabel baru dimenu Create -> Table atau bisa juga langsung memperbaiki struktur tabel pertama yang masih kosong. Kemudian pada bagian Table Tools -> View -> Design View. maka akan muncul pesan Save As tabel name dimana sobat harus memberikan nama pada tabel terlebih dulu.
  • Selanjutnya adalah membuat struktur tabel yang terdiri dari beberapa bagian

    – Field Name : untuk memasukkan nama field yang akan dibuat

    – Data Type : untuk menentukan tipe data

    – Description : untuk memasukkan keterangan jika di anggap perlu “ndak harus di isi”.

    – Field Size : untuk mengatur ukuran field dari masing2 field, saya sarankan untuk memberikan size secukupnya karena nanti berpengaruh pada size tabel yang di buat.

  • Selain itu sobat juga harus memberikan primary key di masing – masing tabel, primary key di ambil dari salah satu field dalam tabel yang mempunyai sifat unik misal ; NIM, kode_karyawan, dll. untuk membuat primary key pada tabel pilih field yang ingin dijadikan primary key pada menu bar Design, klik tombol menu Primary Key

  • Jika sudah menyusun struktur tabel klik shorcut Save, selanjutnya adalah mengisi tabel dengan cara memilih menu View -> Datasheet View dan isikan data sesuai field yang sudah sobat buat.
  • Terakhir klik save, dari tutorial ini berarti sobat sudah bisa membuat database dan tabel baru dengan microsoft access.

 

Untuk kalian yang ingin tahu bagaimana bentuk database dalam bentuk Ms Access, saya memiliki contoh buatan sendiri, berikut linknya: https://drive.google.com/open?id=0BxbQ7tQ4h3FGUExybjIxbXhtclk  

 

Sumber:

http://www.burung-net.com/2014/03/pengertian-dan-fungsi-microsoft-access.html

Membuat Database dan Tabel Baru dengan Access


Copyright 2021. All rights reserved.

Posted April 15, 2017 by nada.nugrahaeni in category "Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.